Pengertian dan Jenis-Jenis Mesin Pencari (Search Engine) di Internet

 Pengertian dan Jenis-Jenis Mesin Pencari (Search Engine) di Internet

 

Pengertian Mesin Pencari (Search Engine)


Mesin pencari atau search engine adalah website yang mengumpulkan dan mengorganisir konten dari seluruh bagian internet untuk dapat ditelusuri oleh penggunanya. Untuk menggunakan mesin pencari, Anda tinggal memasukkan apa yang ingin Anda cari dan mesin pencari akan memberikan Anda berbagai link ke konten yang sesuai dengan apa yang dicari.


Hasil pencarian search engine disebut juga search engine result page (SERP). Tujuan setiap search engine adalah untuk mengerti bagaimana users menggunakan search engine dan memberi mereka jawaban yang terbaik untuk pencarian mereka. Dengan begitu, search engine bisa memberikan jawaban yang berkualitas tinggi dan paling relevan.


Jenis-Jenis Mesin Pencari (Search Engine)


Google ( http://www.google.com/)

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998.

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial.

Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya.

Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia.

Microsoft ( http://www.bing.com/)

Microsoft Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search.

Web untuk pencarian halaman situs atau website, Images untuk pencarian gambar, News untuk pencarian berita, xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

Yahoo ( http://www.yahoo.com/)

Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford (Jerry Yang dan David Firlo) mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subjek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Altavista ( http://www.altavista.com)

AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation ‘s Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah. Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.

ltaVista memiliki kehormatan menjadi salah satu mesin pencari tertua di Web, karena mulai perjalanan kembali pada tahun 1995 dengan indeks pertama Web.

AOL ( http://www.aol.com)

AOL Inc yang sebelumnya dikenal sebagai America Online, adalah sebuah perusahaan media massa multinasional Amerika yang berbasis di New York City yang berkembang, tumbuh, dan juga berinvestasi dalam merek dan juga situs web. Bisnis perusahaan meliputi distribusi digital konten, produk, dan juga jasa, yang menawarkan kepada konsumen, penerbit, dan juga pengiklan.

Dalam waktu tiga tahun, userbase AOL tumbuh sehingga 10 juta orang. Selama waktu ini, koneksi AOL dibanjiri dengan pengguna yang terus naik. Hal ini menyebabkan banyak akun yang dibatalkan sinyal sibuk terus-menerus.

Baidu ( http://www.baidu.com)

Baidu didirikan pada 18 Januari 2000 merupakan perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC.

Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk di antaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedia yang dibangun secara kolaboratif.[6] Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu. Mereka adalah warga RRC yang belajar di luar negeri sebelum akhirnya kembali ke China. Pada Oktober 2012, Baidu berada di peringkat 5 pada ranking Alexa Internet. Pada Desember 2007, Baidu tercatat sebagai perusahaan China yang pertama kali dimasukkan dalam indeks NASDAQ-100.

Pada Januari 2014, kapitalisasi pasar Baidu berdiri pada nilai $55 billion. Merupakan satu dari perusahaan yang didirikan dari nol tersukses sepanjang sejarah bila dilihat dari kapitalisasi pasar, pendapatan, pertumbuhan, dan pengaruh budaya.

Layanan Baidu menyediakan indeks 740 miliar lebih laman internet, 80 miliar gambar, dan 10 miliar data mulimedia, selain itu Baidu juga memasarkan produk ponsel pintar miliknya dengan nama Changhong H5018.

Ada jenis lain dari mesin pencari yakni mesin pencari real-time. Alat-alat ini tidak menggunakan index. Informasi yang mereka butuhkan dikumpulkan hanya ketika informasi baru tersedia. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan oleh mesin seperti Google, sistem waktu nyata ini memiliki beberapa keunggulan. Selalu mutakhir, dengan (hampir) tidak ada tautan mati dan lebih banyak sumber daya sistem (Google) yang dibutuhkan. Gunakan hampir 100.000 komputer. Namun, itu juga memiliki kelemahan membutuhkan waktu lama untuk menyelidiki.


Komentar